Jaga dan Rawat Kesehatan Otak Anda!

Otak adalah organ yang digunakan untuk belajar, mencintai, dan berperilaku kepada setiap anggota keluarga, di sekolah, di tempat ibadah ataupun saat berbisnis. Ketika keluarga atau pekerjaan anda baik-baik saja, maka otak cenderung positif dan efektif. Namun ketika satu atau beberapa anggota keluarga atau organisasi bermasalah, maka otak juga akan mengalami peningkatan stres dan ketegangan.

Berdasarkan apa yang dijabarkan oleh Otak Super, otak manusia adalah organ yang paling kompleks dan paling menakjubkan di alam semesta. Beratnya hanya sekitar 1,3 kg, atau sekitar 2% dari berat badan kita. Namun otak menggunakan 20% sampai 30% dari kalori yang kita konsumsi – 20% dari oksigen yang kita hirup – dan 25% dari aliran darah di tubuh kita.

menjaga dan merawat otak agar selalu sehat

Dan yang lebih luar biasa, walaupun otak adalah landasan kepribadian kita (beberapa orang beranggapan bahkan juga jiwa kita), 85% otak adalah terdiri dari air!

Diperkirakan bahwa otak memiliki 100 miliar sel saraf dan koneksi lebih banyak daripada bintang yang ada di alam semesta, yaitu sekitar jumlah bintang yang ada di galaksi Bima Sakti. Di dalamnya juga terdapat triliunan sel yang mendukung yang disebut ‘glia’. Setiap neuron terhubung ke neuron lainnya yang mencapai hingga 40.000 individual koneksi (disebut sinapsis) antar tiap sel.

Apabila kita mengalikan 100 miliar neuron dengan 40.000 sinapsis, maka ini dapat dikatakan jika otak memiliki lebih banyak koneksi daripada bintang yang ada di alam semesta.

Sepotong jaringan otak seukuran sebutir pasir mengandung 100.000 neuron dan 1 miliar sinapsis – dan semuanya saling "berkomunikasi" satu sama lain. Informasi dalam otak anda berpindah dengan kecepatan sekitar 268 mil per jam, kecuali tentu saja jika anda mabuk, maka perpindahan informasi ini benar-benar melambat.

Jika anda tidak merawat otak anda, anda akan kehilangan sel-sel otak hingga rata-rata 85.000 per-hari. Itulah yang menyebabkan penuaan. Namun dengan pemikiran yang tepat, anda dapat membalikkan tren tersebut dan memperlambat proses penuaan secara dramatis. Dan ini akan meningkatkan ketangkasan mental anda.

Mengetahui cara merawat otak adalah langkah pertama dan paling penting untuk mencapai kesuksesan, dan ini berlaku dalam hal apapun yang anda lakukan. Karena itu perhatikan dengan baik dan sayangilah otak anda secara maksimal.