Mengapa Daun Sirsak Menyehatkan?

Mengapa daun sirsak menyehatkan? Mungkin banyak dari anda yang memiliki pertanyaan seperti ini di benaknya. Walaupun produk dari daun sirsak seperti teh celup dan ekstrak yang dikemas dalam bentuk kapsul sudah banyak diedarkan beberapa tahun terakhir ini, namun tidak sedikit yang masih ragu akan khasiatnya. Artikel yang memuat akan khasiat daun sirsak adalah 'bohong' juga tidak sedikit beredar. Lalu seperti apa yang sebenarnya? Apakah daun sirsak benar-benar memiliki khasiat bagi kesehatan?

alasan daun sirsak menyehatkan

Sebelum berbicara secara ilmiah, mari kita flashback dahulu ke belakang. Suku Indian di Amerika Selatan menggunakan hampir seluruh bagian dari tanaman sirsak mulai dari akar, kulit kayu, daun, daging buah, hingga bijinya, sebagai obat untuk berbagai macam penyakit selama berabad-abad. Hal ini menjadi salah satu dasar mengapa kemudian banyak ilmuwan yang kemudian ingin memelitinya lebih lanjut. Beberapa gangguan kesehatan di antaranya sakit jantung, asma, masalah lever (hati), kanker dan rematik dipercaya dapat diatasi dengan sirsak. Penjelasan kali ini adalah khusus untuk membahas mengenai manfaat daun sirsak, seperti yang tercantum dalam judul diatas.

Dari data yang banyak dilaporkan, penelitian tentang kandungan senyawa yang ada dalam daun sirsak sudah diteliti oleh banyak laboratorium di seluruh dunia, begitupula dengan di Indonesia. Seorang professor dibidang entomology dari Indonesia bernama Prof. Solaksono Sastrodihardjo dari fakultas Biologi ITB bersama dengan seorang ahli farmasi dari Amerika yang bernama Dr. Jerry Mc Laughlin, melakukan penelitan mendalam mengenai berbagai kandungan yang tersimpan dalam daun sirsak serta khasiatnya bagi tubuh. Daun sirsak dikeringkan dan diekstraksi untuk kemudian dibawa ke Amerika Serikat guna diteliti lebih lanjut.

Hasil penelitian mengungkapkan jika senyawa-senyawa yang terdapat dalam daun sirsak antara lain adalah anopentosin A, anopentosin B, Anopentosin C, murikatosin acetoginin A, murikatosin B, murikapentosin, anomurisin E.  dan Acetogin. Percobaan-percobaan yang menggunakan tabung kultur berhasil membuktikan jika kandungan dalam daun sirsak ini mampu mengobati atau setidaknya memberikan dampak yang sangat positif untuk pengobatan berbagai macam kanker seperti kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker payudara dan kanker-kanker lainnya. Dan alasan mengapa banyak  berita yang muncul dan mengatakan jika manfaat daun sirsak adalah bohongan disebabkan karena memang percobaan terhadap manusia belum pernah dilakukan.